Ingin Menabung? 3 Cara Kreatif dan Sederhana Dalam Menabung Ini Bisa Kamu Coba! - Wegivly

Senin, 08 Mei 2017

Ingin Menabung? 3 Cara Kreatif dan Sederhana Dalam Menabung Ini Bisa Kamu Coba!


www.buildingagamingpcsite.com


Yang penting konsisten!








Seringkali kita merasa sulit sekali mengatur keuangan, terutama untuk menyisihkan sedikit dana untuk tabungan. Di jaman yang serba mahal begini, ditambah kebiasaan konsumtif, rasanya sulit sekali menyisihkan sedikit pendapatan. Padahal jelas sekali sejak kecil dulu kita telah diajarkan untuk rajin menabung untuk masa depan kita.
Nah, bagi kalian yang sekarang ingin sekali mulai menabung tapi tidak tau harus mulai dari mana, tiga cara kreatif dan sederhana dalam menabung ini bisa kalian coba!

1. 52 Weeks Money Challenge

Di 52 Weeks Money Challenge ini kita dapat memilih ingin menabung kelipatan berapa saja, misal Rp 1000, Rp 2000, Rp 5000 atau Rp 10.000.
Sebagai ilustrasi, kita contohkan kelipatan Rp 5000. Di minggu pertama simpan Rp 5000 dan tambahkan Rp 5000 lagi setiap minggunya. Misal, minggu pertama kamu menabung Rp 5000, di minggu kedua kamu harus menabung Rp 10.000, minggu ketiga Rp 15.000 dan begitu seterusnya sampai minggu ke lima puluh dua. Bila konsisten, hanya dengan menabung Rp 5000-an di awal, kamu bisa mendapatkan total tabungan sekitar enam juta rupiah di akhir tahun!
Karena sifatnya terus bertambah dan kumulatif, disarankan untuk memulai dari nominal kecil terlebih dahulu, karena kalau kita langsung memilih untuk menabung di kelipatan Rp 10.000 misalnya, justru akan memberatkan kita di akhir-akhir minggu dan membuat kita rentan untuk berhenti di tengah jalan.

2. Menabung Sesuai Tanggal Selama Setahun Penuh

Cara menabung ini termasuk sederhana. Caranya hanya konsisten menabung sesuai tanggal. Misal, setiap bulan selama setahun, setiap tanggal satu kita menabung Rp 1000, setiap tanggal 2 kita menabung Rp 2000 begitu selanjutnya sampai tanggal 31 setiap bulannya.
Lumayan, melalui teknik menabung dengan cara kreatif dan sederhana ini, kita dapat mengantongi sekitar lima juta rupiah di akhir tahun!

3. The Power of 20 Ribu

Gerakan menabung #thepowerof20ribu ini sempat booming beberapa tahun yang lalu setelah salah seorang netizen bernama Vindy menggaungkannya di media sosial miliknya. Sebenarnya idenya sederhana saja, cukup kumpulkan lembaran hijau uang dengan nominal 20 ribu tiap kali kamu menemukannya atau mendapatkannya. Entah mendapatkannya dari kembalian saat berbelanja atau saat menemukan uang 20 ribu di saku celana, segera amankan di celengan atau tempat yang kamu inginkan!
Mengapa 20 ribu? karena uang 20 ribu termasuk jarang ditemukan, jadi ketika kamu menemukannya kamu tidak akan merasa keberatan saat mengumpulkannya. Lagipula, uang 20 ribu ini bila dikumpulkan akan cepat terlihat hasilnya, misalkan kamu berhasil mengumpulkan 5 lembar uang 20 ribu, tanpa kamu sangka-sangka tabunganmu sudah seratus ribu rupiah!
Sebenarnya, cara menabung seperti ini dapat diajarkan pada adik-adik kita, lho! Mungkin tidak harus nominal 20 ribu. Cukup ajarkan mereka untuk menyimpan uang dengan mengumpulkan nominal tertentu, misal seribu rupiah, atau dua ribu rupiah di celengan. Cara menabung seperti ini tidak hanya melatih kebiasaan untuk menabung, tetapi juga mengasyikkan untuk dijalani.

Bagaimana? Tertarik untuk mulai menabung? Sebenarnya, kunci dari keberhasilan menabung hanyalah tekad dan konsistensi. Bila kita hanya semangat di awal dan tidak konsisten sampai akhir, mungkin kita tidak akan mendapatkan manfaat optimal dari menabung, jadi tetaplah konsisten, ya!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar